Senin, 08 April 2013

Bakti Tani: dari Petani, oleh Petani, untuk Petani

Dok. Deden Syarief H.
RNO__Saat diwawancara perihal kegiatan yang melibatkan tak kurang dari 50 petani (yang tergabung dalam wadah organisasi “Gabungan Kelompok Tani Makmur Rahayu/GAPOKTAN MAKMUR RAHAYU”) dalam rangka membangun jalan usaha tani. Hasan Husaeri sebagai koordinator RAGABANGSA (Gerakan Warga Membangun Desa) memaparkan bahwasannya kegiatan ini bertujuan meningkatkan efisiensi usaha tani; memperkecil ongkos produksi yang pada gilirannya meningkatkan produktifitas usaha tani. Lebih jauh lagi beliau mengatakan “kegiatan ini demi kesejahteraan petani, diinisiasi oleh petani untuk petani/ dari Gapoktan untuk Gapoktan dalam koridor Gerakan Warga Membangun Desa”.

Kegiatan yang bernama Gerakan Warga Membangun Desa (RAGABANGSA) ini berbentuk pengoralan jalan dan pelebaran badan jalan, dari Cidadap sampai Ciseureuh, Desa Padalarang, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat (8/4/2013). Dibagi menjadi tiga tim kerja. Tim pertama bertugas mengangkut batu koral ke mobil, tim kedua bertugas melebarkan badan jalan, tim ketiga bertugas pengoralan jalan.

Adapun yang saat ini tengah dikerjakan, sampai Cibakung saja. Pelebaran dan pengoralan badan jalan ini menghabiskan waktu 6 jam dari pukul 9 pagi hingga 3 sore, sepanjang jalan Cidadap-Cibakung. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh "RNO", kegiatan ini akan dilaksanakan seminggu sekali hingga selesai sesuai rencana, yaitu sampai Ciseureuh.  (RNO/Iramani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar